Home » » Web Semantik

Web Semantik

Web Semantik

Secara umum web semantik dapat diartikan sebagai informasi dalam jumlah sangat besar di world wide web yang terhubung secara global dengan suatu cara tertentu dan dimengerti/ dipahami oleh mesin, sehingga dapat diproses secara langsung oleh mesin menjadi knowledge untuk ditampilkan kepada user. Web semantik pertama kali dicetuskan oleh Tim Berners-Lee, penemu world wide web. Sekarang, prinsip web semantik disebut-sebut akan muncul pada Web 3.0, generasi ketiga dari world wide web.

Dengan metode semantic web, data berbasis HTML dapat diubah menjadi format yang dapat dipahami oleh mesin, sehingga mesin dapat melakukan proses pengumpulan informasi dan memahami hubungan antara informasi. Web semantik mampu melakukan perubahan ini dengan bantuan XML (Extensible Markup Language) dan data language standards seperti RDF (Resource Description Framework) dan  OWL (Ontology Web Language), dua standarisasi dari W3C (World Wide Web Consortium).

Semantic web bukanlah artifitial intelegent (kecerdasan buatan), karena mesin tidak dengan sendirinya memahami bahasa manusia secara menyeluruh. Konsep ini hanya menandakan kemampuan mesin untuk memecahkan permasalahan yang telah ditentukan (well-defined problems) dengan melakukan tindakan untuk memecahkan masalah dengan operasi yang telah ditentukan (well-defined operations) pada data yang juga telah ditentukan (well-defined data).. Jadi, untuk bahasa manusia yang berada di luar well-defined data, mesin sudah tidak mampu lagi untuk memahami bahasa tersebut. Arsitektur Web Semantik Prinsip-prinsip web semantik diimplementasikan dalam lapisan teknologi web dan standar. Gambar berikut ini akan menyajikan lapisan teknologi yang dibutuhkan dalam arsitektur web semantik.

Arsitektur web semantik

Lapisan unicode dan URI memastikan digunakannya set karakter internasional dan menyediakan sarana untuk mengidentifikasi objek dalam web semantik. Lapisan XML dengan definisi skema namespace memastikan untuk mengintegrasikan definisi web semantik dengan standar berbasis XML lainnya. Dengan RDF dan RDFSchema akan memungkinkan untuk membuat pernyataan tentang objek dengan URI dan menentukan apakah kosakata tersebut dapat disebut dengan URI. Lapisan ini merupakan lapisan dimana diberikannya jenis sumber daya dan link. Lapisan Ontolog mendukung evolusi kosakata karena dapat menentukan hubungan antara konsep-konsep yang berbeda. Lapisan Digital Signature digunakan untuk mendeteksi perubahan pada dokumen.

Untuk lapisan Logic, Proof dan Trust, saat ini sedang diteliti dan demonstrasi aplikasi sederhana sedang dibangun. Lapisan Logic memungkinkan penulisan aturan sedangkan lapisan Proof mengeksekusi aturan dan mengevaluasi bersama-sama dengan mekanisme lapisan Trust untuk mempercayai bukti yang diberikan pada aplikasi atau tidak.

Ontology
Istilah ontologi sebenarnya berasal dari istilah filosofi "ontology" yang artinya sesuatu yang sesungguhnya ada dan bagaimana menggambarkannya. Dalam dunia komputer ontologi digunakan untuk menspesifikasikan suatu konseptualisasi. Dalam istilah lain ontologi dijelaskan sebagai suatu representasi dari domain pengetahuan tertentu yang berisi istilah-istilah dalam domain tersebut beserta hubungan antara istilah-istilah yang ada.
Ontologi saat ini banyak digunakan terutama untuk mendukung web semantik, yaitu teknologi web yang diarahkan dapat memahami makna suatu kata atau kalimat yang diberikan oleh pengguna. Membuat komputer mengerti seperti manusia adalah suatu hal yang sepertinya tidak mungkin, namun visi ini terus diupayakan dengan menyediakan seperangkat alat sehingga membuat mesin atau komputer dengan mudah dapat memproses informasi dan mengerti informasi yang diinginkan oleh pengguna. Agar dapat digunakan, ontologi sendiri mempunyai struktur bahasa yang
formal atau terdefinisi. Struktur bahasa yang menyusun ontology antara lain adalah :
a. XML (Extensible Markup Language)
b. XML Schema
c. RDF (Resource Description Framework)
d. RDF Schema
e. OWL (Ontology Web Langguage).



Contoh Penerapan Web Semantik

Adalah komunitas yang berusaha mewujudkan semantic website yang tengah berjuang membantu kita menciptakan web cerdas yang mana kelak pencarian info di internet menjadi jauh - jauh sangat mudah.



Judul/Bab : Web Semantik (Tugas)
Nama : Abdul Rofiq Hidayat
NPM : 5C414834
Kelas : 2IA19
Mata Kuliah : Pengantar Web Science
Nama Dosen : Winarti



Sumber :
Wicaksana, I Wayan Simri. (2006). Ontology: Bahasa dan Tools Protégé. Universitas Gunadarma, Jakarta.

Rizqi, Andre. "Semantic Web." http://andrerizgun.blogspot.co.id/2015/06/web-semantik.html (diakses tanggal 13 Maret 2018)

Subhana, Erfan. "Pengertian Semantik Web dan Penerapan Semantik Web." http://erfansubhana.blogspot.co.id/2015/06/pengertian-semantik-web.html (diakses tanggal 13 Maret 2018)

0 komentar:

Posting Komentar