Kelas : 3IA21
NPM : 50414043
Mata Kuliah : Pengantar Teknologi Game
Dosen : Syefani Rahma Deski
User Interface pada Game
User interface berarti tampilan antar muka pengguna. Jika didefinisikan secara sederhana User interface adalah penghubung atau mediator antar komputer dan manusia atau user komputer itu agar hubungan antara perangkat komputer dengan user bisa terjalin. User interface sangat berperan penting dalam dunia komputer karena dengan adanya user interface maka kemudahan user dalam mengoprasikan suatu perangkat komputer menjadi lebih mudah.
Desain user interface dalam game berbeda dari desain user interface lainnya karena melibatkan unsur tambahan fiksi. Fiksi melibatkan avatardari pengguna yang sebenarnya atau player. Sebuah desain interface pada suatu game mempengaruhi kenyamanan dan sejauh mana user atau pemain meminati game tersebut. Dalam user interface game, terdapat sebuah teori yang dikemukakkan oleh Erik Fagerholt dan Magnus Loretzon dari Chalmers University of Technology. Dalam tesisnya mereka menulis tesis tentang desain user interface berjudul Beyond the HUD – User Interfaces for Increased Player Immersion in FPS Games. Mereka memperkenalkan istilah berbagai jenis interface yang berkaitan dengan desain video game.
HUD itu sendiri kepanjangan dari Heads – up display, merupakan metode dimana informasi secara visul disampaikan kepada pemain sebagai bagian dari antarmukan pengguna permainan. Biasanya menunjukkan bar/kotak HP(Health Point) ataupun MP(Mana Point) dan biasanya muncul di atas kepala karakter. Fungsi HUD ini untuk memudahkan pemain mengetahui kondisi karakter dalam permainan.
Beberapa elemen user Interface yaitu :
A. Non-diegetic: Desain Antarmuka yang diberikan sebagai tambahan di luar dunia game itu sendiri, hanya terlihat dan terdengar ke pemain di dunia nyata. Sehingga seakan-akan karakter dalam dunia game tidak melihatnya Contoh: Elemen HUD, kursor mouse, mini map, skills, dll.
Papan skor, waktu, papan nama, dan lapangan kecil tengah merupakan contoh elemen non-diegetic pada game pes 2016. |
B. Diagetic: Desain antarmuka yang termasuk dalam permainan game yaitu yang dapat dilihat dan didengar oleh karakter dalam permainan. Yang dimaksudkan pada antarmuka diagetic ini segala sesuatu yang terlihat terkecuali elemen-elemen non-diegetic seperti HUD, Kursor mouse, Informasi dari Komputer,dll.
Para pemain, wasit, dan bola merupakan beberapa contoh elemen diagetic pada game pes 2016. |
C. Spatial: Elemen User Interface yang disajikan dalam ruang permainan 3D dengan atau tanpa suatu entitas dari dunia permainan yang sebenarnya (diegetik atau non-diegetik).
Titik-titik prediksi arah bola merupakan contoh elemen spatial pada game pes 2016 |
D. Meta: Gambaran yang bisa muncul dalam dunia game, namun tidak selalu divisualisasikan spasial untuk pemain.Contoh yang paling jelas adalah efek ditampilkan di layar, seperti percikan darah pada kamera untuk menunjukkan kerusakan.
Mengangkat trofi merupakan salah satu contoh elemen meta pada game fifa 16 |
Perbedaan Game PES 2016 dan FIFA 16
Perbedaan dari segi mode permainan fifa lebih lengkap dari pes, kemudian dari segi lisensi, fifa juga lebih lengkap dari pes sehingga detail seperti nama klub dan kostum akan sama dengan aslinya. Dari segi gameplay pes lebih unggul karena gerakan pemain lebih natural.
Referensi : https://sylviaalfarina.wordpress.com/2015/04/22/user-interface-pada-game-komputer/
Ntap Luar Biasa
BalasHapusTerimakasih sudah berkunjung.. :D
Hapus